KPU Wajo Unofficial Web

website KPU Wajo

Bimtek Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilihan Umum Tahun 2014


        Program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.
       Program Relawan Demokrasi yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 5 (lima) segmen pemilih strategis yaitu pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran. Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap segmen yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya. Segmentasi itu dilakukan dengan kesadaran bahwa tidak semua komunitas mampu dijangkau oleh program KPU. Selain itu segmentasi tersebut adalah strategis baik dari sisi kuantitas maupun pengaruhnya dalam dinamika sosial-politik berbangsa dan bernegara.
        Bimbingan teknis dilaksanakan pada tanggal 31 Januari s/d 1 Februari 2014 yang dihadiri oleh komisioner KPU Kabupaten Wajo, dan sebagai pemateri Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan Iqbal Latief serta Anggota KPU Provinsi Sulsel Divisi Sosialisasi Faisal. Relawan Demokrasi menyimak dengak baik materi yang ada sebagai bekal untuk turun ke masyarakat melakukan sosialisasi.
 





Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Ollustrator. Diberdayakan oleh Blogger.