KPU Wajo Unofficial Web

website KPU Wajo

Rapat Pleno Penetapan Syarat Dukungan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Wajo Tahun 2018

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wajo melaksanakan rapat pleno pada hari Minggu tanggal 10 September 2017 di RPP KPU Kabupaten Wajo. Kelima komisioner KPU Kabupaten Wajo hadir dalam rapat pleno tersebut. Dalam rapat pleno tersebut ditetapkan jumlah minimum syarat dukungan dan persebarannya bagi bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wajo tahun 2018.
Dalam menentukan syarat minimum, diperhatikan DPT Pemilu terakhir dan Data Agrerat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Kementerian Dalam Negeri. DAK2 berguna untuk menghitung syarat dukungan calon perseorangan berdasarkan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan umum atau pemilihan sebelumnya yang paling akhir di daerah bersangkutan.
DPT pemilu terakhir kabupaten Wajo adalah DPT Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 berjumlah 320.868 pemilih, sedangkan DAK2 Kabupaten Wajo untuk pilkada serentak tahun 2018 berjumlah 460.719 penduduk.
Dengan data tersebut maka syarat dukungan minimum adalah 27.274 dukungan dengan persebaran minimal di 8 kecamatan.
Setelah rapat pleno dilaksanakan, salinan SK dan BA diserahakan kepada Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wajo sebagai bagian dari pengawasan dilaksanakannya tahapan pencalonan syarat dukungan minimum calon perseorangan pimilihan Bupati dan Wakil Bupati Wajo tahun 2018.




Gambar tema oleh Ollustrator. Diberdayakan oleh Blogger.