KPU Wajo Laksanakan Sosialisasi Syarat Dukungan Calon Perseorangan Pilkada Tahun 2018

     Hari Rabu, 20 September 2017, bertempat di Aula KPU Kabupaten Wajo, dilaksanakan sosialisasi persyaratan pencalonan bagi calon perseorangan untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Wajo tahun 2018. Acara tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Wajo, sedangkan peserta yang hadir adalah komisioner Panwaslu Kabupaten Wajo, pimpinan partai politik peserta pemilu, tokoh masyarakat, masyarakat umum serta insan pers.
     Sebagai pembicara utama dalam sosialisasi tersebut adalah Anggota KPU Kab. Wajo Divisi Teknis Drs. H. Rafiuddin Rasyid, serta Divisi Sosialisasi dan SDM Haedar, S.Pd.I. Dalam pemaparannya, dijelaskan mengenai syarat minimal dukungan calon perseorangan yang akan mendaftarkan diri untuk mengikuti pemilihan bupati dan wakil bupati wajo tahun 2018.

   Adapun syarat minimal pencalonan bagi calon perseorangan sesuai dengan hasil rapat pleno yang dilaksanakan pada tanggal 10 September yaitu dukungan yang harus dikumpulkan minimal 27.274 yang tersebar setidaknya di 8 kecamatan. Dijelaskan juga bahwa penduduk hanya dapat memberikan dukungan kepada satu pasangan calon perseorangan. Penduduk yang dapat memberikan dukungan yaitu penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih yang berdomisili di daerah pemilihan, dibuktikan dengan KTP elektronik atau suket yang diterbitkan oleh disdukcapil yang menerangkan bahwa penduduk tersebut berdomisili di wilayah administratif yang sedang menyelenggarakan pemilihan paling singkat satu tahun, dan tercantum dalam daftar pemilih tetap pada pemilu atau pemilihan terakhir dan/atau daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4).