KPU Wajo Unofficial Web

website KPU Wajo

Divisi Teknis KPU Wajo dan Operator Hadiri Bimtek Aplikasi PAW Anggota DPRD Kabupaten/Kota


Makassar, Di tengah kesibukan mempersiapkan dan mengasistensi 12 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak pada tanggal 23 September 2020, KPU Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Penggunaan Aplikasi Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten/Kota di Hotel Claro Makassar.

Bimtek yang diagendakan selama 3 hari ini menghadirkan 24 Anggota KPU Kabupaten/Kota Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Operator SIMPAW (Sistem Informasi Manajemen Penggantian Antar Waktu). Bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan memudahkan KPU Kabupaten/Kota dalam memproses penggantian antar waktu Anggota DPRD Kabupaten/Kota di daerah masing-masing.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Sulawesi Selatan, Faisal Amir. Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut yakni Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, M. Asram Jaya, Anggota KPU Divisi Data, Uslimin beserta Kabag Teknis Asrar Marlang dan Kasubag Teknis, Asri. 


Dalam sambutannya, Faisal Amir menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini sengaja dilaksanakan di awal-awal periode Anggota DPRD Kabupaten/Kota yang sudah dilantik karena tidak menutup kemungkinan ada partai politik yang akan melakukan PAW.

Ia pun berharap bimtek kali ini dapat memberikan pemahaman terkait aturan dan mekanisme dalam PAW sehingga prosesnya dapat berjalan dengan benar. Selain itu, dengan adanya penggunaan aplikasi SIMPAW ini juga diharapkan dapat menampilkan setiap alur proses dan mekanisme PAW secara transparan ke masyarakat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap KPU.
Pada kesempatan ini pula Faisal Amir juga berpesan kepada seluruh Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada untuk tetap menjaga integritas dan profesional dalam bekerja.

“Salah satu modal yang harus dimiliki seorang anggota KPU itu adalah harus berani, kalau sudah benar, maka lakukan. Pemimpin harus punya keyakinan dan ketegasan. Jangan khawatir karena setiap tahapan ada petunjuk teknisnya maka selesaikan sesuai dengan pedoman dan petunjuk teknis itu serta jangan membuat keputusan yang bertentangan dengan aturan. Cita cita kita bersama adalah mewujudkan Pilkada di Sulawesi Selatan menjadi Pilkada terbaik se Indonesia,” tutupnya.



Senada dengan hal tersebut, M. Asram Jaya dalam pengarahannya mengingatkan kembali bahwa integritas seorang penyelenggara hanya bisa nampak jika kerja-kerja kepemiluan kita dapat terukur dan mampu bersinergi dengan stakeholder yang lain. Lebih lanjut ia menekankan pentingnya menjaga kekompakan dan saling membantu, termasuk dalam hal bimtek-bimtek Badan Ad Hoc (PPK, PPS dan KPPS) terutama bagi Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada.

Dikonfirmasi setelah acara pembukaan, M.  Mursyidin Anggota KPU Kabupaten Wajo Divisi Teknis Penyelenggaraan yang juga menjadi peserta dalam bimtek tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi KPU Kabupaten/Kota terutama dalam memahami prosedur dan mekanisme PAW melalui aplikasi SIMPAW. Tidak hanya itu, menurutnya kegiatan tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai forum diskusi dan saling bertukar pikir dengan sesama Anggota KPU Kabupaten/Kota lainnya yang lebih senior dan sudah tentu memiliki lebih banyak pengalaman.
Acara ini akan diselenggarakan selama 3 hari ke depan (14-16/3) dengan materi mekanisme dan kebijakan PAW kemudian di hari kedua kami akan dibagi menjadi dua kelas sebagai pendalaman. Satu kelas untuk operator dan satu kelas lagi kami para komisioner. jelasnya.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Ollustrator. Diberdayakan oleh Blogger.