KPU Wajo Unofficial Web

website KPU Wajo

KPU Wajo Raih Award Kategori Penyelengara Pemilu Berintegritas



Wajo, - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wajo terpilih sebagai terbaik I Kategori Penyelenggara Pemilu Berintegritas pada Pemilu Award KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (04/12/2019).

Pemilu Award sendiri merupakan ajang untuk memberikan reward sebagai bentuk apresiasi KPU Provinsi Sulawesi Selatan terhadap KPU Kabupaten/Kota yang menorehkan prestasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Seperti Peningkatan Partisipasi Pemilih, Pengelolaan Logistik Pemilu, Pemilu Akses, Transparansi  Informasi Pemilu, Penyelenggara Pemilu Berintegritas dan beberapa kategori lainnya.

Selain itu, secara spesifik KPU Award bertujuan untuk merefleksi kembali kerja-kerja KPU Kabupaten/Kota selama tahapan pemilu 2019 yang lalu.

“Nah, jika kita mau merefleksi kembali bagaimana dinamika tahapan penyelenggaraan Pemilu khusunya di Kabupaten Wajo, beberapa hal atau kondisi yang kemudian oleh Publik menilai integritas KPU Wajo banyak diuji”. Kata Komisioner KPU Wajo, Zainal Arifin.


Dia mencontohkan, KPU Wajo diuji integritasnya mulai pada saat tahapan pencalonan peserta pemilu, rekapitulasi sampai pada tahapan Penetapan Calon Terpilih. Tetapi semua tahapan mampu dilalui oleh KPU Wajo dan jajarannya dengan baik. Terbukti, dua kali KPU Wajo dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) tetapi putusannya adalah Rehabilitasi.

“Itu artinya, sejauh ini KPU Wajo bersama seluruh jajarannya telah bekerja sesuai prosedur dan mekanisme yang diatur dalam perundang-undangan. Selain itu, tidak adanya Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Pemilu 2019 di Kabupaten Wajo menjadi salah satu indikasi semakin berkualitas dan berintegritasnya penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Wajo” jelasnya.

Lebih lanjut, Zainal mengatakan, keberhasilan tersebut tentu tidak lepas dari konstribusi banyak pihak, baik pemerintah daerah, Kepolisian, TNI, peserta pemilu, Bawaslu dan jajarannya, serta seluruh masyarakat Kabupaten Wajo.

Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum kabupaten Wajo optimis bahwa ke depan proses penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilihan di Kabupaten Wajo akan semakin lebih baik lagi. (Rls)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Ollustrator. Diberdayakan oleh Blogger.