KPU Wajo Unofficial Web

website KPU Wajo

KPU Wajo, Gelar Rapat Pleno Mutarlih Periode Bulan Mei 2020


WAJO_Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wajo menggelar Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode bulan Mei Tahun 2020 bertempat di RPP Kantor KPU Kab.Wajo Pukul 11.00 Wita s.d selesai.

  





Rapat Pleno ini dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wajo dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Wajo bersama dengan Anggota Bawaslu Kab. Wajo bersama staf.

Sebelum memasuki agenda penandatanganan Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020. Terlebih dahulu Ketua KPU Kab.Wajo (Haedar, S.Pd.I) membuka acara dan menyampaikan pengantar terkait pelaksanaan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2020 yang selama ini dilaksanakan di KPU Kab.Wajo. Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kab.Wajo (Andi Tenri Sampeang, S.Si.Apt) secara teknis menyampaikan bahwa pengelolaan data Mutarlih berkelanjutan tahun 2020 terus dilakukan, namun kiranya apabila ada permintaan data dari KPU Kabupaten Wajo kepada Disdukcapil Kab.Wajo kiranya dapat ditindaklanjuti dengan cepat mengingat data yang diterima akan terus diolah untuk selanjutnya ditetapkan sebagai hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan pada bulan berjalan di tahun 2020. Kemarin tanggal, 19 Mei 2020 telah kami terima data Penduduk dari Disdukcapil Kab.Wajo berupa data penduduk pindah datang, data penduduk pindah keluar, dan data perekaman, dari ketiga komponen data ini, terdiri dari data by name dan by NIK, sehingga masih membutuhkan waktu yang agak lama untuk melakukan pengecekan NIK by NIK dalam aplikasi ceknik.kpu.go.id, lain halnya dengan data meninggal yang diterima, data itu tidak dilengkapi dengan NIK sehingga KPU Kab.Wajo sulit untuk menentukan data meninggal dalam DPTHP-3 Pemilu 2019. Maka dari itu kami mengharapkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Wajo kiranya kedepan data meninggal dilengkapi dengan NIK begitupula dengan data pindah keluar agar kiranya dilengkapi dengan alamat tujuan.Terakhir tentunya kami mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Wajo, atas kerjasamanya selama ini dalam mendukung pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2020.

Kesempatan berikutnya diberikan kepada Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Wajo (Muhammad Idrus Saad) menyampaikan bahwa, sebelumnya saya meminta maaf menjelang memasuki hari raya idul fitri 1441 H, begitupula dengan adanya surat permintaan data dari KPU Kab.Wajo pada bulan April tahun 2020 yang meminta by name by addrees, sehingga  tidak dapat kami penuhi karena adanya ketentuan Pasal 79 Undang-undang Nomor : 24 tahun 2013, bahwa data perseorangan wajib disimpan dan dilindungi kerahasiannya oleh Negara, Petugas Provinsi dan Petugas Instansi Pelaksana dilarang menyebarluaskan data kependudukan yang tidak sesuai dengan kewenangannya. Namun hal tersebut tidak sampai begitu saja, setelah ada pertemuan melalui vicom dengan Dirjen Disdukcapil, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Wajo menyampaikan kondisi permintaan data dari KPU Kabupaten Wajo, sehingga, melalui kesempatan itu Dirjen Disdukcapilcapil mengijinkan untuk memberikan data berupa data NIK dan Nama. Selanjutnya tanggapan salah satu Anggota Bawaslu Kab.Wajo (Drs.H.Rafiuddin Rasyid) menyampaikan bahwa memang perlu upaya kerjasama untuk melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dalam rangka mewujudkan data-data pemilih yang valid, guna untuk menghindari masalah-masalah yang terjadi yang diakibatkan oleh tidak validnya data pemilih pada proses pemilihan berikutnya. Melalui kesempatan ini pula Anggota Bawaslu Kab.Wajo menyampaikan kepada Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo untuk secara terbuka menyampikan data-data penduduk yang diperlukan KPU Kabupaten Wajo dalam melakukan pemutakhiran data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020. Sehingga perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Wajo menanggapi bahwa pada prinsipnya kami selalu terbuka dalam penyampaian data, namun terlepas dari itu semua kami juga dibatasi oleh Undang-Undang dalam menyampaikan data-data kependudukan.

Dengan selesainya tanggapan peserta Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020, Ketua KPU Kab.Wajo membacakan Berita Acara Rapat Pleno Pemutakhiran Data Berkelanjutan Tahun 2020. Adapun hasil Mutarlih Berkelanjutan Tahun 2020 periode bulan Mei, dengan Jumlah Pemilih 290.011, dengan rincian Pemilih Laki-laki 137.105, Pemilih Perempuan 152.906, yang tersebar di 14 Kecamatan se-Kab.Wajo. Dengan selesainya pendantanganan Berita Acara Rapat Pleno, maka Ketua KPU Kab.Wajo menutup acara secara resmi, Berita Acara dan lampiran dapat dilihat pada papan pengumuman KPU Kab.Wajo dan Laman KPU Kab.Wajo kpu-wajokab.web.id (PPID).



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Ollustrator. Diberdayakan oleh Blogger.