KPU Wajo Unofficial Web

website KPU Wajo

Mutarlih Triwulan Kedua "KPU Wajo Gelar Rapat Pleno"

WAJO_Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wajo menggelar Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode bulan Juni Tahun 2020 bertempat di RPP Kantor KPU Kab.Wajo Pukul 13.30 Wita s.d selesai.





Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang digelar KPU Kabupaten Wajo sudah memasuki triwulan kedua pada tahun 2020, Rapat Pleno tersebut, yang dilaksanakan dihadiri oleh Bawaslu Kab.Wajo (Drs.H.Rafiuddin Rasyid) beserta kepala Disdukcapil Kab.Wajo (Dra.H.Dahniar Gaffar)

Ketua KPU Kab.Wajo menyampaikan bahwa, dalam pemutakhiran data Pemilih berkelanjutan tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Selatan terdapat hubungan kerjasama yang variatif antara KPU Kab/Kota dengan Capil di masing-masing Kab/Kota seperti halnya melakukan penandatangan kerjasama (MOU), hal tersebut dimungkinkan terdapat kebijakan lain yang dijadikan acuan dalam melakukan kegiatan tersebut. Hal ini ditanggapi oleh Kadisdukcapil Kab.Wajo, bahwa terkait dengan penadatanganan MOU yang dilakukan Kab.Pinrang dan Kab.Sinjai tidak dapat kami lakukan dikarenakan terbentur oleh regulasi, begitupun dengan pentunjuk Dirjen Capil bahwa permintaan data KPU Kab/Kota dapat difasilitasi dalam bentuk pemberian data NIK dan Nama. Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Wajo menyampaikan bahwa peningkatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Kab.Wajo itu adalah upaya kongkret yang dilakukan selama ini yang telah berkoordinasi dengan Instansi terkait ditengah vandemi Covid-19 begitupun dengan anggaran yang tidak tersedia. 

Secara teknis disampaikan oleh Anggota KPU Wajo selaku Divisi Perencanaan, Informasi dan Data (Andi Tenri Sampeang) bahwa bulan lalu telah disampaikan kepada disdukcapil Kab.Wajo melalui Bapak Sekretaris Disdukcapil Kab.Wajo (Muhammad Idrus Saad) bahwa hendaknya data meninggal yang disampaikan ke KPU Wajo, dapat dilengkapi dengan NIK begitupun alamat pindah tujuan bagi pemilih pindah keluar. Hal ini ditanggapi oleh Kadisdukcapil Kab.Wajo bahwa terkait dengan hal ini, akan kami lakukan croscek kembali apakah didalam aplikasi data kependudukan yang kami gunakan terdapat elemen data tersebut.

Anggota Bawaslu Kab.Wajo menyampaikan bahwa sekiranya data kependudukan dapat diakses dengan mudah, maka hal tersebut dapat diberikan kemudahan bagi KPU Wajo dalam mengaksesnya, dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan KPU Kabupaten Wajo pada tahun 2020. (PPID).

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Ollustrator. Diberdayakan oleh Blogger.