KPU Wajo Unofficial Web

website KPU Wajo

KPU Goes to Campus: KPU Wajo Lakukan Pendidikan Pemilih bagi Mahasiswa Uniprima Sengkang


WAJO - Meski tidak melaksanakan pemilihan serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo tetap aktif melakukan kegiatan kepemiluan dengan terus melakukan pendidikan pemilih.

Kali ini KPU Kabupaten Wajo mengisi acara di Aula Kampus Universitas Puangrimaggalatung (Uniprima) Sengkang dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Uniprima. Selasa, 15 September 2020.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dr. Muhammad Hasbi (Wakil Rektor 1 Uniprima), Anggota KPU Wajo, Zainal Arifin (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM), Andi Tenri Sampeang (Divisi Perencanaan dan Data), Fadly, (Kepala Sub Bagian Teknis), Herman dan Busriadi (Staf KPU Kabupaten Wajo).

Di hadapan ratusan mahasiwa baru Uniprima, Zainal Arifin, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara Uniprima dan KPU Kabupaten Wajo dalam Program Sosialisasi dan Pendidikan Demokrasi yang dikemas dalam kegiatan "KPU Goes to Campus".

Dalam pemaparan materinya, Zainal menjelaskan tentang pentingnya demokrasi sebagai sistem penyelenggaraan Negara. 

Ia juga menegaskan bahwa Pemilu atau Pemilihan merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpin di tingkat nasional maupun daerah. Selain itu, Pemilu dan Pemilihan sebagai pilar utama demokrasi yang menjadi instrumen yang menetukan arah kebijakan publik suatu negara atau daerah. 

Oleh karena itu, semua komponen bangsa harus terlibat dalam mengawal jalannya proses demokratisasi agar berjalan sebagaimana mestinya.

"untuk memastikan demokratisasi berjalan dengan baik, harapannya bukan hanya bergantung pada kinerja penyelenggara pemilu saja (KPU dan Bawaslu), melainkan membutuhkan partisipasi oleh semua pihak, termasuk kampus sebagai Institusi Pendidikan yang diharapkan dapat memberikan penguatan nilai-nilai demokrasi di tengah masyarakat utamanya bagi mahasiswa" ungkapnya.


Senada dengan itu, Andi Tenri Sampeang, mengajak mahasiswa untuk terlibat dalam setiap proses tahapan Pemilu atau Pemilihan. Menurutnya, mahasiswa harus memainkan peran penting dalam mengawal proses tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya mengawal proses Pemutakhiran Data Pemilih sebagai upaya menjaga hak konstitusional warga negara. 

Sementara Wakil Rektor Uniprima, Muhammad Hasbi mengapresiasi program KPU, menurutnya apa yang dilakukan oleh KPU Wajo merupakan proses konsolidasi demokrasi yang harus terus digalakkan. Ia pun berharap materi yang disampaikan oleh KPU Wajo dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan mahasiswa terutama dalam hal berdemokrasi. (PPID)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Ollustrator. Diberdayakan oleh Blogger.